Jumat, 12 Desember 2014

Tips leveling 1~70 Dragon nest Indonesia

level cap 70  akan lebih susah dari cap 60 sebelumnya baik nest,dungeon bahkan leveling pun jauh lebih susah dari cap 60 , karena di cap 70 ini side questnya terbilang sangat sedikit sekali. Setelah mencoba leveling dari lv 1~70 di dragon nest indonesia beberapa hari kemarin bisa saya simpulkan kalau leveling di dragon nest Indonesia jauh lebih susah dari Dragon nest SEA. karena di DN SEA kalian bisa terus masuk dungeon & leveling meskipun FTG sudah habis, berbeda dengan Dragon Nest Indonesia jika FTG sudah habis pemain tidak akan bisa memasuki dungeon lagi jadi harus pintar dalam memanfaatkan FTG.
berikut ini adalah cara leveling yang saya gunakan untuk leveling 1~70
Persiapan
-gunakan gwarnet atau premium service yang bisa di beli di cash shop
-masuk ke guild lv 25++ yang memiliki bonus exp
-beli 1 set  kostum guild
-makanan /cemilan
untuk leveling tingkat kesulitan dungeon sebaiknya adalah Master karena expnya cukup banyak dan tidak terlalu susah, tapi jika tidak kuat master silahkan masuk ke Hard, untuk abyss tidak di rekomendasikan jika kalian solo

Level 1~16

-ambil semua main quest & side quest
-leveling di map sesuai main quest (quest warna kuning)
-pada level 8 atau 9 kalian akan mendapatkan quest untuk berpindah  ke calderock village ikuti saja tanda panah dari main quest kalian akan sampai ke calderock village
-saat sampai di calderock ambil semua side quest karena kemungkinan map questnya sama dengan map di main quest
-jika sudah melakukan semua main quest tapi belum mencapai level 16 , silahkan selesaikan side quest yang memiliki quest yang cukup banyak di map yang sama, atau jika tidak ingin keluar masuk kota kalian bisa leveling di “sigh Canyon” , kalian pasti tahu di mana letaknya karena sebelumnya kalian sudah mendapatkan questnya di main quest.
lupa di mana tempatnya?  sigh canyon berada di cristal Stream yaitu di selatan calderock jika kalian membuka map letaknya ada di bagian bawah map.

dragon nest indonesia Crystal Stream dragon nest sigh canyon
level 16~24

-masih sama seperti 1~16 ambil semua side quest & leveling sesuai dungeon Main Quest
-jika main quest sudah habis kalian bisa leveling di “Fairystar Magic Laboratory” letaknya ada di Blizzard plain ,  Blizzard plain ada di sebelah kiri atas Crystal Steam (lihat map Crystal Stream)
DN 2014-09-22 14-57-49 Mon

level 24~32

sudah level 24 waktunya kembali ke calderock , kalian bisa melanjutkan main quest di kota yang baru , cari NPC Ticket agent Arnen maka kalian akan di pindahkan ke Saint haven.
DN 2014-09-22 15-07-58 Mon
-masih sama seperti level sebelumnya tapi kali ini ambil Main Quest saja jangan ambil side questnya, kenapa? nanti saya jelaskan.
-jika Main Quest Habis silahkan leveling di Flooded Downstream Ruins, letaknya ada di hermalte Port letaknya ada di bagian selatan saint haven (arah bawah map saint haven).
DN 2014-09-22 18-18-22 Mon

level 32~40

-ambil Main Quest saja & tidak usah ambil side quest
-dungeon leveling : Gates To Death City

DN 2014-09-22 18-18-28 Mon
level 40~50

-ikuti main quest maka kalian akan sampai ke kota baru yaitu Lotus marsh selesaikan semua Main Qest dan ambil beberapa side quest
-dungeon leveling jika main quest habis : Riverwort Ruins atau Dragon Follower Base
DN 2014-09-22 15-26-42 Mon

level 50~60

-Main Quest saja tanpa side quest (side quest di ambil terakhir ketika nanti lv 58~59)
-dungeon leveling jika main quest habis  : Mutant habitat atau Meteor crash site boundaries
DN 2014-09-22 15-26-50 Mon
-ketika lv 58 atau 59 ambil semua  quest di npc tysha di riverwort wharf , selesaikan semua questnya tapi jangan sampai melaporkan quest yang berhadiah FTG 15 , karena ftg 15 akan kita gunakan untuk leveling di level 60~70 nanti , cari juga quest di lotus marsh ada 4 quest lagi di lotus marsh yang berhadiah ftg dan dungeonnya sama dengan quest dari npc tysha
DN 2014-09-21 00-41-18 Sun
-setelah melakukan quest dari tysha ambil semua side quest level  50~59  di saint haven sampai quest penuh atau 35/40 karena sisa 5 akan kita gunakan quest quest papan.
-setelah semua quest selesai jangan laporkan semua side quest saint haven tapi lanjutkan leveling sampai level 60
-setelah level 60 laporkan semua quest saint haven dan kalian akan mendapatkan banyak exp tanpa mengurangi sedikutpun FTG karena sudah melakukan quest sebelum lv 60 , ingat yah quest saint haven saja ,jangan quest dari npc tysha yang berhadiah ftg, quest tysha akan kita gunakan satu per satu ketika nanti ftg kita sudah 0.

level 60~70

-mulai level 60~70 ftg akan mulai boros dan hanya dengan beberapa kali masuk dungeon FTG sudah habis, oleh karena itu di beberapa level sebelumnya saya menyarankan untuk tidak mengambil side quest karena side questnya akan kita selesaikan di lv 60~70
-main quest di level 60 ke atas hadiahnya cukup bagus yaitu set equip +10 yang bisa kalian gunakan untuk modal leveling,nest dll dan dan juga jade rare yang kalian dapat dari side quest memiliki stat yang tinggi berbeda dengan jade rare biasanya.
-sebelum melanjutkan leveling temui NPC Tracy di saint haven untuk melakukan skip Extra chapter 1&2 (termasuk quest kuning/main quest) untuk bisa melakukan skip extra chapter kalian harus selesai main quest chapter 9 terlebih dahulu.
kenapa harus skip quest? karena extra quest berada di map yang side quest nya sedikit dan juga tidak ada quest papannya, karena menurut saya memang tujuan adanya NPC Tracy adalah agar  ftg kita tidak tebuang karena menyelesaikan extra chapter dan mendapatkan exp yang tidak terlalu banyak.
-jika sudah melakukan skip extra quest kalian akan mendapatkan main quest baru , selesaikan semua main quest dan side quest dengan party 3~4 orang tingkat kesulitan Hard (quest papan 60~70 adalah hard bukan master seperti map lainnya )agar ftg lebih irit ,  jika tidak mempunyai teman yang menemani kalian berkeliling sesuai map main quest kalian bisa ikut DQ marlin agar lebih hemat ftg.
FTG masih banyak? daily quest merlin  sudah selesai? main quest sudah habis? side quest 60~70 sudah habis?
-ambil semua sisa quest lv 50~59 di saint haven pasti sisanya masih sangat banyak, cek juga di riverwort wharf cidel dkk juga pasti punya side quest lv 50an pada map yang sama seperti quest saint haven.
-habisakan semua side quest 51~59 atau sampai questnya tinggal sedikit (stop quest jika  quest hampir habis atau sisa 1 quest di setiap  map karena sangat mebuang ftg) . Selalu lakukan quest ini bersama teman untuk menyelesaikan quest di map yang memiliki banyak quest atau jika tidak bergabunglah dengan party yang melakukan DQ loffy pada tingkat kesulitan Master agar FTG lebih irit . kalian bisa mendapatkan 2~3  level jika menyelesaikan semua side quest lv 50~59 saint haven
semua side quest 50~59 sudah habis ?
-cek lagi side quest di anu arendel karena akan muncul beberapa quest baru, selesaikan side quest bersama party/teman jangan pernah lakukan quest/leveling solo karena memerlukan banyak ftg
-cek remote quest setiap naik level ,tekan u >remote quest akan ada beberapa quest baru yang bisa kalian terima tanpa harus berbicara dengan npcnya.
-jika side quest sudah habis kalian bisa leveling di Bronze Cresent Foreset karena monsternya lebih banyak dari map lain, jangan cari map yang pendek karena exp lebih kecil karena monsternya lebih sedikit.
DN 2014-09-24 01-09-46 Wed
-lakukan leveling pada Hard Mode bersama 2~3 orang (rekomendasi 3 orang)  karena jika solo atau 4 orang kurang efektif karena solo  otomatis boros ftg atau 4 orang meskipun irit ftg exp akan berkurang cukup banyak, party 4 orang cocok untuk menyelesaikan side quest yang banyak di suatu map karena exp yang di dapat dari quest akan lebih banyak daripada exp dungeon 4 orang.
-kenapa tidak master? karena ftg yang di butuhkan master cukup banyak dan juga expnya hanya seleisih sedikit.
 jika ftg kalian sudah habis cari 3 like di saint haven untuk mendapatkan tambahan 300 ftg  perhari
-dengan 300 ftg kalian bisa masuk 3x dungeon hard dengan party yang berisi 3 orang dan akan tersisa sedikit ftg, nah dengan sisa ftg terakhir ini kalian bisa melakukan solo dungeon (hard atau master jika equip cukup bagus)  karena akan mendapatkan banyak exp.
 FTG Habis masih punya banyak waktu/masih kuat leveling?
-laporkan 1 quest di npc tysha yang sudah kalian selesaikan di lv 58/59 , dengan 15 ftg kalian bisa masuk ke dungeon dan mendapatkan drop juga.
-dengan FTG 15 ini kalian bisa melakukan semua quest/leveling di map dengan cara solo karena kalian akan mendapatkan banyak exp , pilih tingkat  kesulitan yang paling tinggi karena memberikan banyak exp. solo+abyss/master = banjir exp ,
-total quest yang berhadiah ftg ini sekitar 14(dari npc tysha&lotus marsh) ,kalian bisa 14x solo dungeon dan mendpatkan banyak exp
-dengan ftg 15 ini kalian juga bisa mencari murid level 24~39 di saint haven , karena dengan murid kalian bisa keluar masuk dungeon tanpa mengurangi ftg , dan ftg 15 lainya juga bisa kalian buat sebagai ftg cadangan jika murid kalian DC di tengah dungeon karena jika murid kalian dc di tengah dungeon ftg kalian juga otomatis akan habis karena berada di dungeon tanpa ada murid
-kalian tidak akan mendapatkan exp di dingeon jika menyelesaikan dungeon dengan murid tapi kalian masih bisa mendapatkan exp dari quest papan/quest board , mekipun tidak sampai 1% tapi hitunglah jika kalian menyelesaikan lebih dari 50 dungeon bersama murid kalian.
-murid biasanya meminta leveling di FDR atau GDC (lupa fdr/gdc? itu adalah map yang kalian gunakan untuk leveling 24~32 dan 32~40) tapi jika beruntung memiliki murid yang penurut kalian bisa mengajaknya berkeliling semua map untuk menyelesaikan semua  side quest 24~40 saint haven itulah kenapa di awal guide leveling 24~32 dan 32~40 saya hanya menyuruh mengambil main quest saja, dengan side quest tersebut kalian akan mendapatkan lebih banyak EXP daripada hanya mengandalkan quest papan.
cara leveling dengan murid ini merupakan cara paling bagus jika kalian tidak pernah mengerjakan main quest sebelumnya, karena  jika tidak mengerjakan main quest biasanya side quest juga masih utuh
jika kalian di atas level 60 kalian tidak akan bisa melihat quest yang 10 level di bawah kalian , untuk memunculkan semua quest level kecul silahkan pencet U kemudian lihat di pojok kiri bawah jangan centang hide quest marker, otomatis akan banyak icon quest yang muncul di map
DN 2014-09-24 00-15-38 Wed

 semua FTG Habis? tidak ada cadangan ftg dari npc tysha lagi?
-habiskan semua nest jika kuat lakukan nest sendiri, jika tidak selesaikan nest dengan party
-FOD (fellowship of dragon)  , ambil side quest di npc yang ada di garden dan juga cek side quest tiap memasuki stage FOD karena expnya cukup banyak
-memo 1,2,3,4
saya sengaja meletakkan nest di pilihan terkahir ketika ftg habis karena kelihatannya nest punya exp besar terutama memo&FOD tapi kenyataanya butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikannya jika tidak di dukung dengan equip yang bagus, oleh karena itu saya lebih memilih berkeliling bersama murid menyelesaikan side quest 24~40.
catatan tentang sistem guru&murid
-pada saat ini murid akan otomatis lulus jika mencapai level 40 jadi kalian hanya bisa mengajak murid untuk berkeliling menyelesaikan side quest lv 24~40 kalian.
-pada pertengahan cap 70 akan di update lagi sistem murid yang baru yaitu murid akan lulus pada level 60 , jadi kalian harus merubah sistem leveling nantinya jika sistem ini sudah di update , jangan  mengambil side quest dari level 24~60 jika sistem ini sudah di update karena kalian bisa menyelesaikan side quest level 40~60 juga bersama murid itu berarti kalian bisa leveling lebih cepat lagi karena akan lebih banyak lagi side quest yang bisa kalian kerjakan bersama murid tanpa harus pusing memikirkan ftg yang boros.
yap itu saja yang saya lakukan untuk leveling 1~70 kemarin dari hari kamis sampai hari senin siang di dragon nest indonesia  , mungkin sekilas banyak yang kaget kok bisa secepat itu , sebenarnya tidak cepat  tapi mungkin jam online saya lebih lama dari rata-rata pemain DN lain dan masih banyak lagi orang yang levelingnya lebih cepat dari saya karena jam online nya juga lebih lama dari saya. Jika ada salah silahkan di koreksi karena menulisnya sambil ngantuk dan harap maklum kalau banyak typo karena penyakit typo saya belum sembuh, typo yah buka Tiphus/Tipes :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar